Peningkatan Hasil Belajar Pada Kompetensi Dasar Memahami Peraturan Perundang-Undangan Dalam Sistem Hukum Indonesia Melalui Permainan Tradisional „Ular Naga‟ Pada Peserta Didik Kelas VIII Mts Negeri 3 Demak

  • Ahmadun Ahmadun
Keywords: Permainan Tradisional „Ular Naga‟, Peraturan perundang-undangan.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini merupakan langkah-langkah yang dilakukan dalam pembelajaran PPKn dengan
menggunakan model pembelajaran permainan tradisional „Ular Naga‟; dan peningkatan hasil belajar pada
peserta didik. Metode yang dilakukan pada Tahap awal dilakukan tes berupa pretes sebagai tahap pra siklus.
Tahapan dilakukan dengan Siklus 1 dan siklus 2. Tahapan Siklus 1, peserta didik diberikan materi tentang
peraturan perundang-undangan dalam system hukum Indonesia. Setelah itu, siswa diberikan postes tahap 1
untuk mengukur hasil tes siswa. Tahapan siklus 2 siswa diberikan materi tentang tata urutan dan proses
pembuatan peraturan perundang-undangan dengan teknik permainan tradisional „Ular Naga‟. Siklus 2
diberikan postes. Instrumen yang digunakan dalam pembelajaran adalah lembar soal, dan lembar observasi
dengan permainan tradisional „Ular Naga‟. Hasil penelitian dapat dilihat adanya peningkatan nilai rata-rata
dari siklus 1 dan siklus 2 sebesar 21.25%. PPKn dengan menggunakan model pembelajaran permainan
tradisional „Ular Naga‟ dapat dilaksanakan dengan mudah, efektif, efisien dan menyenangkan, melibatkan
siswa secara nyata dan langsung dalam mempelajari materi, sehingga siswa tanpa disadari peserta didik dapat
bermain sambil belajar. Simpulan dengan menggunakan model pembelajaran permainan tradisional „Ular
Naga‟ sebagai upaya meningkatkan hasil belajar dan antusiasme dalam proses pembelajaran.

Published
2020-01-08