Pengajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal di Universitas Muria Kudus

  • Ristiyani Ristiyani
  • Eko Widianto
Keywords: Pengajaran Bahasa Indonesia, Kearifan Lokal

Abstract

Sesuai dengan visi untuk menjadi universitas unggul berbasis kearifan lokal berdaya saing global, maka hadir Unit BIPA di
Universitas Muria Kudus. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan Pengajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing)
yang dilaksanakan oleh Unit BIPA Universitas Muria Kudus berbasis kearifan lokal. Adapun metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian autoetnografi. Berdasarkan hasil penelitian, pengajaran bahasa Indonesia berbasis kearifan
lokal tampak dalam kurikulum pembejaran yang diterapkan. Bahan ajar yang disampaikan bermuatan tema makanan,
pekerjaan, tempat wisata, tempat bersejarah, kesenian tradisional, permainan tradisioanal, dan aktivitas sehari-hari yang
dilakukan oleh sekitar Kudus, Jawa Tengah, Indonesia.

Published
2020-01-08