Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Weblog Pada Kelas Content And Language Integrated Learning (CLIL)

  • Ima Isnaini Taufiqur Rohmah
  • Mursid Saleh
  • Abdurrachman Faridi
  • Sri Wuli Fitriati
Keywords: Flipped classroom, kualitas pembelajaran, minat belajar, Weblog

Abstract

Telah banyak penelitian dilakukan dalam upaya pengembangan model pembelajaran flipped classroom untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran, namun penelitian yang menggabungkan model pembelajaran flipped
classroom dengan weblog belum banyak mendapatkan perhatian. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk:
1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pembelajaran flipped classroom berbasis weblog pada kelas
Content and Language Integrated Learning (CLIL); 2) mengidentifikasi efek dari penerapan model
pembelaarn ini terhadap minat belajar dan kualitas pembelajaran. Design penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas yang melibatkan 32 IKIP PGRI Bojonegoro. Teknik pengumpulan data yang
digunakan antara lain observasi, interview, pre- dan post-test, serta kuesioner. Analisis data yang digunakan
adalah theme-analysis. Hasil penelitiian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat beberapa langkah dalam
menerapkan model pembelajaran flipped classroom berbasis weblog, antara lain pre-action, action, dan tahap
post-action; 2) terdapat beberapa efek positif yang dihasilkan setelah penerapan model pembelajaran ini antara
lain meningkatkan motivasi, minat belajar dan hasil belajar mahamahamahasiswa. Penelitian lanjutan tentang
bagaimana respon mahamahasiswa terhadap penerapan flipped classroom berbasis weblog direkomendasikan
untuk dilakukan demi perbaikan penerapan model pembelajaran ini.

Published
2020-01-08