Efektifitas Metode Problem Based Learning terhadap Tingkat Berpikir Kritis dalam Pengajaran Listening di Universitas PGRI Semarang

  • Sukma Nur Ardini Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Dwi Rukmini Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Warsono Warsono Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Dwi Anggani Linggar Bharati Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
Keywords: Efektifitas, Problem-Based Learning, tingkat berpikir kritis, pembelajaran listening

Abstract

Keterampilan abad ke-21 yang mengacu pada kolaborasi, melek digital, berpikir kritis, dan pemecahan
masalah sangat perlu diintegrasikan dengan empat keterampilan bahasa Inggris termasuk keterampilan
listening supaya mahasiswa mampu berkompetisi di era globalisasi. Di sisi lain, keterampilan listening
cenderung diacuhkan oleh dosen bahasa Inggris dan lebih fokus pada kemampuan reading dan writing. Oleh karena permasalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas metode Problem Based Learning (PBL) dalam pengajaran listening untuk tingkat berpikir kritis mahasiswa tinggi dan rendah yang melibatkan 30 siswa semester dua Universitas PGRI Semarang. Oleh karena itu, penelitian eksperimental telah dilakukan dengan menggunakan tes, treatment dan wawancara guna mengumpulkan data yang kemudian dianalisis menggunakan ANOVA. Hasil penelitian ditemukan bahwa mean dari pre-test sebesar 57,9. Setelah treatment selama 7 kali, ditemukan hasil post-test berjumlah 71,52. Dari kenaikan yang siginifikan tersebut, terbukti bahwa metode PBL efektif dalam mengembangkan tingkat berpikir kritis. Hasil wawancara menunjukkan bahwa mahasiswa lebih tertarik belajar listening menggunakan metode PBL sehingga disarankan untuk dosen pengampu mengaplikasikan metode kreatif dan inovatif seperti PBL, DL, bahkan PjBL dalam mata kuliah listening.

Published
2020-01-09