Kemampuan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Treffinger Berdasarkan Self Efficacy

Authors

  • Hendra Yulianto Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Semarang-50237, Indonesia
  • Siti Suprihatiningsih STKIP Pamane Talino, Landak, Kalimantan Barat, Indonesia

Keywords:

komunikasi matematis, pembelajaran treffinger, self efficacy.

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dikembangkan pada topik-topik
matematika, karena komunikasi matematis dapat membantu siswa mengembangkan pengetahuan matematika. Namun, permasalahan yang sering terjadi adalah kemampuan komunikasi matematis siswa yang masih kurang, sehingga perlu ditinjau lebih lanjut berdasarkan self efficacy. Hal ini dikarenakan self efficacy dapat mendorong kemampuan komunikasi matematis siswa. Self efficacy adalah konsep diri terkait kepercayaan individu pada kemampuannya untuk melakukan atau menyelesaikan suatu tugas atau masalah. Kemudian untuk mencapai kemampuan komunikasi matematis yang baik diterapkanlah pembelajaran treffinger.

Downloads

Published

2020-01-09

Issue

Section

Articles