Kemampuan Literasi Matematika Pada Pembelajaran Problem Based Learning Kelas X SMK

  • Munir M Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • M Asikin Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • I Junaedi Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Kemampuan Literasi Matematika, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika pada pembelajaran Problem Based Learning kelas X SMK. Metode yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) 1 SMK Swadaya Semarang yang berjumlah 34 siswa tahun pelajaran 2019/2020. Data dianalisis secara deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui metode tes dan non tes. Metode tes berupa soal kemampuan literasi matematika, sedangkan metode non tes berupa wawancara kepada siswa. Hasil penelitian ditemukan komponen kemampuan literasi matematika untuk komponen matematisasi 86,27%, representasi 88,24%, merencanakan strategi 80,39%, menggunakan alat matematika 28,43%, dan komunikasi 14,71%.

Published
2020-01-09