Analisis Peran Guru dalam Pengajaran Membaca Melalui Strategi Readers Theatre

Authors

  • Nopa Yusnilita Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Januarius Mujiyanto Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Mursid Saleh Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Dwi Anggani Linggar Bharati Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

Keywords:

Peran Guru, Pemahaman Membaca, Strategi Mengajar, Readers Theater

Abstract

Dalam pengajaran dikelas, seorang guru dituntut untuk dapat memainkan berbagai perannya. Selain itu, guru harus dapat memilih strategi yang tepat untuk mendukung keefektifan dan keefisienan dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa peran yang dilakukan oleh guru dalam mengajar membaca dengan menggunakan strategi Readers Theater. Strategi Readers Theater ini diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam meningkatkan pemahaman tentang teks. Hal ini telah direkomendasikan dan dibuktikan dari penelitian terdahulu yang dilakukan oleh beberapa peneliti dan para ahli. Strategi ini merupakan salah satu strategi yang mampu mengubah siswa yang pasif menjadi aktif dan pembelajaran menjadi menyenangkan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptive kualitative. Kuesioner dan wawancara digunakan sebagai alat dalam mengumpulkan data yang diperlukan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilhat dari sumber data yang terkumpul, menunjukkan bahwa dalam pengajaran membaca dengan menggunakan strategi Readers Theater 80% guru memainkan peran sebagai model, 75% sebagai fasilitator, 60% sebagai penyedia informasi, 65% sebagai asesor, 70% sebagai perencana, dan 72% sebagai pengembang bahan ajar. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setiap guru harus dapat memainkan berbagai peran dalam pelaksanaan pengajaran dikelas. Guru juga harus dapat selalu kreatif, inovatif, dan peka terhadap perubahan zaman serta memahami karakter siswa yang diajar.

Downloads

Published

2020-01-09

Issue

Section

Articles