Hubungan antara Kefasihan Bahasa Formula dan Kecakapan Siswa Indonesia dalam Ujian Lisan Berbahasa Inggris

  • Radeni Sukma Indra Dewi Program Pasca Sarjana UNNES, Jalan Kelud Utara III, Semarang 50237, Indonesia
  • Januarius Mujiyanto Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • Dwi Rukmini Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang, 50237, Indonesia
  • Mursid Saleh Program Pasca Sarjana UNNES, Jalan Kelud Utara III, Semarang 50237, Indonesia
Keywords: Bahasa Formula , Kefasihan, Kecakapan

Abstract

Studi ini menyelidiki dengan cara apa siswa menggunakan bahasa formula yang diajarkan dalam kurikulum
mereka melalui buku pelajaran ketika mengambil ujian kecakapan lisan dengan multi-tugas dan apakah ada
hubungan antara penggunaan bahasa formula mereka dengan skor kelancaran dan kecakapan keseluruhan
mereka. Studi dilakukan dengan 80 siswa Indonesia dengan tingkat kemampuan yang berbeda pada
Universitas Muhammadiyah Semarang. Untuk menemukan cara-cara penggunaan bahasa formula oleh siswa, suatu analisis isi buku pelajaran dilakukan untuk menentukan target daftar bahasa formula dengan frekuensi kemunculan setiap ekspresi dalam buku. Setelah itu, analisis konten dari rekaman video ujian kecakapan lisan dilakukan untuk mengungkapkan penggunaan bahasa formulaik siswa dan hasil dari dua analisis konten dibandingkan untuk menarik kesimpulan. Untuk menghubungkan penggunaan bahasa formulaik siswa dengan kefasihan dan kemahiran mereka secara keseluruhan, skor yang telah diterima siswa untuk kelancaran dan skor kemahiran mereka pada akhir tahun akademik dipertimbangkan.

Published
2020-01-09