Analisis Ketrampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD melalui Medote Simulasi

  • Widia Nur Jannah Universitas Muhammadiyah Cirebon, Jalan Tuparev No 70, Cirebon, Indonesia
  • Yuli Widiyono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jln. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6, Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ruganda Ruganda Universitas Terbuka, Jalan Panyileukan No , Bandung, Indonesia
Keywords: Metode Simulasi, Keterampilan Dasar Mengajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia
mahasiswa PGSD melalui metode simulasi di Universitas Muhammadiyah Cirebon. Metode penelitian mengunakan deskriptif analisis dengan tujuan untuk memaparkan dan atau menjelaskan secara faktual dan objektif mengenai implementasi keterampilan mengajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia mahasiswa PGSD. Instrumen utama penelitian ini adalah lembar observasi yang mengacu kepada indikator keterampilan mengajar. Instrumen pendukung penelitian ini adalah wawancara serta dokumentasi. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif, dengan tujuan untuk memperoleh data yang mendalam, kredibel, dan bermakna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengajar dengan metode simulasi memiliki kategori cukup baik. Kertampilan membuka dan menutup pelajaran sebesar (87,78), keterampilan memberi penguatan sebesar (85,83), keterampilan bertanya (88,43), keterampilan bertanya (88,43), keterampilan membimbing diskusi (89,12). Sedangkan tergolong katagori baik yaitu keterampilan mengadakan variasi yang memiliki persentase 90,4. Selain itu, dalam menyusun RPP mahasiswa tergolong kedalam katagori baik, dengan prosentase 90,60.

Published
2020-01-09