Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self Concept Matematis pada Materi Trigonometri

  • Resa Septian Aditya Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang, 50237, Indonesia
  • Y L Sukestiyarno Dosen Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang, 50237,Indonesia
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Concept, Trigonometri

Abstract

Dalam hasil survey IMSTEP-JICA dimana salah satu penyebab rendahnya kualitas pemahaman siswa dalam
pembelajaran matematika yaitu guru terlalu berkonsentrasi pada hal-hal prosedural dan mekanistik seperti
pembelajaran yang berpusat pada guru, konsep matematika sering disampaikan secara informatif dan siswa
dilatih menyelesaikan banyak soal tanpa pemahaman mendalam. Pemahaman matematika siswa akan
mempengaruhi tinggi rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan dapat dipengaruhi oleh self concepts matematis dikarenakan memiliki pengaruh dalam realisasi beberapa indikator yang berkaitan dengan pemahaman siswa pada dirinya. Tujuan mengembangkan kemampuan komunikasi menurut NCTM adalah siswa dapat mengorganisasikan dan menggabungkan cara berpikir matematik, mengomunikasikan pemikiran matematika secara logis dan jelas, menganalisis dan mengevaluasi pemikiran matematik dalam menyelesaikan masalah serta menggunakan bahasa matematik untuk mengekspresikan ide-ide dengan benar. Sedangkan jenis self concept memiliki konsep diri positif dan konsep diri negatif dimana self concept memiliki tiga dimensi yaitu pengetahuan, penghargaan, dan penilaian. Tiga dimensi mempengaruhi ke mana jenis seft concept yang dimiliki siswa. Trigonometri merupakan cabang ilmu matematika tentang sudut segitiga dan fungsi trigonometri yang biasanya digunakan untuk mengukur panjang atau sudut. Dalam laporan Ujian Nasional 2019 memiliki presentase rendah. Dimana siswa sering mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan rumus ke dalam soal serta memiliki konsep diri negatif mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis dan sebaliknya.

Published
2020-01-09