Pendekatan STREAM terhadap peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

  • Wulan Aulia Azizah
  • Sarwi Sarwi Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • Ellianawati Ellianawati
Keywords: STREAM, Kemampuan Berpikir Kritis.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil wawancara dan tes kemampuan berpikir kritis
siswa di SDN Petompon 1 dan kecocokan pendekatan STREAM untuk meningkatkan Kemampuan
Berpikir Kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode yang digunakan adalah
deskriptif dengan pendekatan studi literatur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
wawancara dan tes soal kemampuan berpikir kritis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pedoman wawancara dan soal tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian meliputi hasil
tes kemampuan berpikir kritis siswa terdapat 59% atau 17 siswa yang belum mencapai nilai batas
tuntas aktual (BTA) yakni 73. Sehingga, perlunya pengoptimalan peran guru dan penggunaan
sebuah pendekatan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hal tersebut,
maka implementasi pendekatan STREAM diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir
kritis siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkatkan kualitas sumber
daya manusia, sehingga dapat memiliki daya saing dan berjiwa Pancasila dalam era disrupsi.

Published
2020-01-09