Strategi Pembelajaran dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Astuti Astuti Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • S. B. Waluya
  • M. Asikin

Keywords:

Strategi pembelajaran, Era Revolusi Industri 4.0

Abstract

Era Revolusi Industri 4.0 merupakan era dimana pengetahuan dan teknologi berkembang dengan sangat cepat
mengakibatkan perubahan cepat dan kompetitif (Yusnaini & Slamet, 2019). Pengaplikasian kecerdasan buatan
(artificial intelligence) merupakan salah satu ciri dari Era Revolusi Industri 4.0 (Tjandrawinata, 2016).
Penopang utama Era Revolusi Industri 4.0 adalah pendidikan. Banyak dijumpai siswa Sekolah Dasar di
Indonesia sudah diberikan handphone oleh orang tuanya diimbangi dengan akses internet yang baik. Dengan
adanya handphone, siswa Sekolah Dasar bisa mengakses hasil kemajuan teknologi Era Revolusi Industri 4.0 di
bidang pendidikan. Era Revolusi Industri 4.0 melahirkan revolusi belajar dengan ditemukannya Google
Asistence. Dengan Google Assistence, siswa bisa mempelajari materi pelajaran dengan mudah, informasi yang
diperoleh cepat, materi disajikan dengan menarik, dan lebih murah. Peran guru sebagai garda terdepan
pendidikan tergeser. Perlu adanya perbaikan pendidikan melalui peningkatan kualitas pendidik sehingga peran
guru dalam pembelajaran berfungsi seperti semestinya. Beberapa strategi pembelajaran yang bisa diterapkan
oleh guru SD dalam menghadapi tantangan Era Revolusi Industri 4.0, antara lain (1) membantu siswa dalam
belajar, (2) memberikan kesempatan siswa untuk berkembang dan berprestasi, (3) Penguatan Pendidikan
Karakter (PPK), (4) melek teknologi, dan (5) menjadi guru efektif.

Downloads

Published

2020-01-09

Issue

Section

Articles