Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Pembelajaran Mathematics in Context dengan Pendekatan Open Ended

  • J.S. Hermawan
  • M Asikin
  • N.K. Dwidayati
Keywords: Kemampuan berpikir kreatif matematis, Mathematics in Context, Open Ended

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengkaji tentang bagaimana meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
matematis dengan model Mathematics in Context berpendekatan Open Ended. Model Mathematics in Context
berpendekatan Open Ended adalah salah satu inovasi pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir
kreatif matematis siswa. Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan pemikiran yang bersifat keaslian
dan reflektif dan menghasilkan suatu produk yang komplek dalam permasalahan matematika. Hal ini selaras
dengan karakteristik model Mathematics in Context yaitu melalui kegiatan kolaboratif, siswa menyelesaikan
soal yang berkaitan dengan konteks nyata, siswa mengembangkan dan menciptakan model-model simbolik
secara informal terhadap suatu permasalahan, siswa merumuskan dan memilih solusi yang tepat untuk
menyelesaikan suatu permasalahan, siswa menjalankan solusi berdasarkan model-model simbolik yang telah
ditemukan, serta guru mendemonstrasikan di kelas dan siswa memecahkan berbagai permasalahan yang
bersifat open-ended. Sehingga Pembelajaran model Mathematics In Context berpendekatan Open Ended
diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Published
2020-01-09