Kecerdasan Moral: Studi Perbandingan pada Anak Usia 4-6 Tahun

  • Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang 50229, Indonesia
  • Khamidun Khamidun Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang 50229, Indonesia
Keywords: Kelas menyenangkan, tata ruang kelas, tata ruang sekolah, karakter, anak usia dini

Abstract

Melalui penelitian ini, peneliti mengkaji lingkungan fisik yang aman, sehat, dan menyenangkan yang
mendukung pembentukan kecerdasan moral. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatifkomparatif.
Sejumlah 38 anak dilibatkan dalam penelitian ini (15 anak dari sekolah 1, dan 23 anak dari
sekolah 2) dengan pertimbangan sebagai berikut: mendapatkan izin dari orangtua dan bersedia dilibatkan
dalam kegiatan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: 1) pengukuran kualitas sekolah sehat
(drawing activity dan interview), 2) pengukuran kecerdasan moral. Peneliti menggunakan dua analis
independen yang berbeda untuk menghasilkan reliabilitas dalam analisis data. Berdasarkan hasil analisis
statistik, disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan kecerdasan moral ditinjau dari kualitas sekolah. Perbedaan
justru nampak pada aspek kecerdasan moral yaitu moral feeling. Pendidik (orangtua dan guru) perlu berupaya
memberi pijakan pada anak dalam merespon afeksi atas godaan yang datang untuk tetap berpegang teguh pada
aturan, perilaku prososial, kontrol diri atas dorongan yang muncul.

Published
2020-01-10