Inovasi Pembelajaran Seni Sekolah Dasar Berbasisi Kearifan Lokal Di Era Revolusi Industri 4.0

  • Andi Imrah Dewi
  • Andi Ardiansyah
  • Hendriana Sri Rejeki
  • Andi Nurul Hidayah
Keywords: Pembelajaran Seni SD Berbasisi Kearifan Lokal 4.0

Abstract

Tujuan penelitian fokos pada konsep pendidikan seni berbasis kearifan Lokal di Era Revolusi Industri
4.0 ,sebagai wujud interaksi sosial masyarakat Sulawesi Tengah . Adapun Tujuan dari penelitian ini
adalah Menganalisis Gerak sebagai Simbol Tari Pontanu Suku Kaili Sulawesi Tengah hubunganya pada
nilai budaya leluhur Suku Kaili Sulawesi Tengah. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif
deskriftif dengan pendekatan etnokorologi, dengan tehnik Pengumpulan data, observasi, wawancara,
dan dokumentasi .Hasil Penelitian ini mengarah pada penemuan makna simbolik Gerak Tari Pontanu
yang terdiri dari Sembilan ragam gerak, Tari Pontanu dalam salah satu gerak inti dari ragam Tari
Pontanu adalah gerak nagaleronga dalah merupakan gerakan inti yang dilakukan dengan cara melingkar
sambil mengulung benang yang makna simbolik geraknya melambangkan roda kehidupan, berkaitan
pada simbol isi alam semesta, Nilai nilai luhur yang merupakan wujud kepribadian dan prilaku manusia
yang sabar,tekun, Tangung jawab, disiplin, gotong royong (bekerja sama), dan konsisten.Konsep
pengendalian diri dalam memaknai kehidupan yang saling membutuhkan antara satu dan lainya yang
dimulai dari keluarga dan lingkungan sosial masyarakat

Published
2020-01-10