Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP 5 Semarang

  • Dian Romadhina Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Iwan Junaedi Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Masrukan Masrukan Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
Keywords: penalaran matematis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh deskripsi kemampuan penalaran matematis peserta
didik kelas VIII SMP 5 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan
subjek penelitian kelas VIII E SMP 5 Semarang yang terdiri dari 32 peserta didik. Pengumpulan
data dilakukan dengan tes tertulis yaitu dengan pemberian soal penalaran matematis pada materi
fungsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 12,5% peserta didik dapat memenuhi 1 indikator
penalaran matematis, 28,125% peserta didik dapat memenuhi 2 indikator penalaran matematis,
28,125% peserta didik dapat memenuhi 3 indikator penalaran matematis, 6,25% peserta didik
dapat memenuhi 4 indikator penalaran matematis, dan 25% peserta didik dapat memenuhi 5
indikator penalaran matematis.

Published
2020-01-10