Strategi Jesko Berbantuan Media E-Pub untuk Pembelajaran Hots dan Keterampilan 4C pada Mata Pelajaran IPS SMP Kelas VII

  • Dinok Sudiami SMP Negeri 1 Batang, Jalan Jenderal Sudirman No. 274,Batang 51215, Indonesia
Keywords: Strategi Jesko, Media E-Pub, Pembelajaran Hots, Keterampilan 4C, Mata Pelajaran IPS

Abstract

Berawal dari rendahnya keterampilan sosial peserta didik seperti bekerja sama, berkomunikasi dan
memecahkan suatu masalah menyebabkan proses pembelajaran IPS menjadi kurang menarik dan monoton.
Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui implementasi Teknik pembejaran jesko (jelajah seputar
sekolah) berbantuan media E-Pub untuk pembelajaran hots (high order thinking skill) dan peningkatan
keterampilan 4C pada mata pelajaran IPS kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
deskriftif.. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Batang. Teknik pengumpulan data
dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data sumber,
teknik dan waktu. Teknik analisis data menggunakan model Sugiyono, dimana setiap tahapan (deskripsi,
reduksi, seleksi) yang dilakukan secara sirkuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teknik pembelajaran
jesko berbantuan media E-Pub sangat efektf dalam upaya melaksanakan pembelajaran Hots dan dapat
meningkatkan keterampilan 4C pada proses pembelajaran IPS kelas VII. Simpulan dari hasil penelitian ini
adalah pengembangan Teknik pembelajaran jesko efektif untuk memecahkan masalah - masalah sosial
peserta didik tingkat SMP dengan bantuan sumber belajar melalui media E-pub. Bagi peserta didik selain
mampu berfikir secara metakognisi juga mampu menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran.
Harapannya Peran peserta didik dan guru meningkat dalam mengelola pembelajaran IPS tersebut

Published
2020-01-10