Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar pada Pembelajaran MEA Pendekatan Saintifik
Keywords:
Literasi Matematika, Kemandirian Belajar, Mean-Ends Analysis, Pendekatan Saintifik, EdmodoAbstract
Artikel konseptual ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika dalam memecahkan masalah
melalui pembelajaan Mean-Ends Analysis pendekatan saintifk ditinjau dari kemandirian belajar. Literasi
matematika merujuk pada kemampuan individu untuk memformulasikan, mengunakan, dan menginterpretasikan matematika dalam berbagai konteks. Terdapat tujuh komponen kemampuan yang terdapat dalam literasi matematika yaitu (1) komunikasi, (2) matematisasi, (3) menyajikan kembali, (4) menalar dan memberi alas an, (5) mengunakan strategi pemecahan masalah, (6) menggunakan symbol, Bahasa formal dan Teknik, (7) mengunakan alat matematika. Hasil kajian diperoleh bahwa diprediksi pembelajar mean-Ends Analysis pendekatan saintifik dengan ditinjau dari kemandirian belajar merupakan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan kemampuan literasi matematika.