Nilai-nilai Pendidikan Cerita Mamanda bagi Generasi Milenial dalam Cendera Mata sebagai Hasil Industri Kreatif

  • Dwi Wahyu Candra Dewi
  • Agus Nuryatin
  • Teguh Supriyanto
  • Ida Zulaeha
Keywords: cerita mamanda, nilai-nilai pendidikan, generasi milenial, dan cendera mata

Abstract

Cerita mamanda merupakan cerita lisan dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang biasanya disampaikan melalui
pertunjukan mamanda. Pertunjukan mamanda mulai jarang diadakan oleh karena itu cerita mamanda pun mulai
jarang didengar oleh generasi milenial. Seperti cerita-cerita yang lainnya, cerita mamanda memiliki nilai-nilai
pendidikan yang terkandung di dalamnya. Tujuan penelitian ini yaitu memaparkan kembali nilai-nilai pendidikan
cerita mamanda bagi generasi milenial dan mempertahankan nilai-nilai pendidikan tersebut pada cendera mata.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini terdapat
beberapa nilai-nilai pendidikan dari cerita mamanda untuk generasi milenial yaitu nilai kesantunan, nilai kerukunan,
nilai kerjasama dan pemertahanan nilai-nilai pendidikan cerita mamanda pada cendera mata. Simpulan dari penelitian
ini, terdapat nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam cerita mamanda untuk generasi milenial dan terdapat cara
pemertahanan nilai-nilai cerita mamanda tersebut.

Published
2020-01-10