Kurikulum PAUD Inklusi dalam Menghadapi Era Industri 4.0

Authors

  • Elizabeth Wahyu Margareth Indira Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia

Keywords:

Kurikulum, Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi

Abstract

Pendidikan inklusi merupakan layanan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang
memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan secara bersamasama
dengan peserta didik lainnya. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui kurikulum PAUD inklusi dalam
meghadapi era industri 4.0., bagaimana bentuk kurikulum PAUD inklusi yang dikembangkan dan apa saja yang
menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan dalam pelaksanaan kurikulum PAUD inklusi.
Bentuk kurikulum PAUD inklusi yang dikembangkan berdasarkan pada kurikulum PAUD reguler yang telah
dimodifikasi. Penyusunan kurikulum PAUD inklusi berdasarkan jenis gangguan, tingkat berat ringannya gangguan
dan hasil asesmen yang telah dilakukan. Bentuk kurikulum dikembangkan sesuai dengan aspek perkembangan nilai
agama dan moral, perkembangan fisik motorik, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan sosial
emosional dan seni. Faktor penghambat dalam implementasi kurikulum PAUD inklusi meliputi terbatasnya
informasi tentang PAUD inklusi, latar belakang pendidikan guru belum sesuai, kurangnya ketersediaan referensi
tentang PAUD inklusi. Faktor pendukung meliputi kerjasama secara holistik mempermudah orangtua, guru dan
terapis untuk memberikan pendidikan secara menyeluruh dan terintegrasi. Disarankan PAUD inklusi bekerjasama
dengan penyelenggara sekolah inklusi, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru.

Downloads

Published

2020-01-10

Issue

Section

Articles