Kemampuan Literasi Matematis Melalui Strategi REACT Berpendekatan SPUR

  • Endang Setiasih Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia
  • Mohammad Asikin
  • Scolastika Mariani
Keywords: Kemampuan Literasi Matematis, Strategi REACT, Pendekatan SPUR

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi matematika dilihat berdasarkan hasil PISA 2016. Pembelajaran melalui strategi
REACT berpendekatan SPUR diharapkan menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan literasi. Tujuan kajian
konseptual ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa melalui strategi REACT
berpendekatan SPUR. Literasi matematika merupakan pengetahuan untuk mengetahui dan menerapkan dasar
matematika dalam kehidupan sehari-hari. Untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika diperlukan adanya
strategi dan pendekatan pada proses pembelajaran. Strategi REACT dapat melatih siswa untuk mengembangkan
kemampuan pemahaman konsep matematika karena dalam pembelajaran siswa dituntut untuk memahami suatu
konsep berdasarkan permasalahan yang diberikan mengaitkannya dengan pengalaman dan pengetahuan awal yang
dimiliki siswa. SPUR yaitu: (a) Skill : menggambarkan prosedur seperti menggunakan satu atau beberapa langkah
dalam algoritma, menemukan algoritma baru, dan menggunakan teknologi untuk menyelesaikan perhitungan
matematika. (b) Properties : adalah teori-teori dan prinsip-prinsip yang mendasari matematika, sering digunakan
siswa untuk mengidentifikasi atau menggunakan sifat matematika atau memberikan alas an kesimpulan matematika.
(c) Uses : adalah aplikasi dunia nyata, memungkinkan siswa untuk mengembangkan model untuk menggambarkan
masalah matematika. (d) Representation : adalah pelukisan visual dari konsep matematika. Penilaian dengan
menggunakan SPUR ini dilihat dari masalah matematika dengan level atau tingkatan yang terendah yaitu skill yang
akan mengarah kepada tingkatan yang tertinggi yaitu representation.

Published
2020-01-10