Model Manajemen Sekolah Berbasis Modal Sosial untuk Meningkatkan Kinerja Sekolah di Era Revolusi 4.0

  • Erwin Erlangga
  • Sugiyo Sugiyo
  • Haryono Haryono
  • Titi Prihatin
Keywords: Manajemen sekolah, modal sosial, era revolusi 4.0

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan suatu produk berupa model yang digunakan untuk meningkatkan kinerja sekolah.
Lokasi penelitian ini di MI Annur Losari Brebes. Subjek terdiri dari kasus yang dipilih secara purposive. Pendekatan
penelitian ini adalah pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain pengembangan Dick
and Carey. Produk akhir penelitian ini berupa model manajemen sekolah berbasis modal sosial yang telah dievaluasi
oleh ahli manajemen pendidikan dan praktisi manajemen pendidikan serta uji terbatas. Penelitian pengembangan ini
menghasilkan produk untuk meningkatkan kinerja sekolah. Produk manajemen sekolah berbasis modal sosial layak
digunakan sebagai model manajemen sekolah di Kabupaten Brebes Jawa Tengah Indonesia karena model manajemen
sekolah berbasis modal sosial secara statistik terbukti efektif untuk meningkatkan kinerja sekolah.

Published
2020-01-10