Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dengan Pembelajaran PjBL terintegrasi Pendekatan STEM

  • Farida Maria Ulfa
  • M Asikin
  • Nur Karomah Dwidayati
Keywords: Kemampuan berpikir kreatif matematis, PjBL, STEM

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan mengkaji tentang bagaimana membangun kemampuan berpikir kreatif matematis
dengan model PjBL terintegrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Model
PjBL terintegrasi pendekatan STEM adalah salah satu inovasi pembelajaran yang dapat melatih kemampuan
berpikir kreatif matematis. Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan menemukan solusi
beragam secara mudah dan fleksibel terhadap masalah matematika yang terbuka, namun dapat diterima
kebenarannya. Hal ini selaras dengan keuntungan menerapkan model PjBL terintegrasi pendekatan STEM yaitu
melalui kegiatan kolaboratif melibatkan siswa untuk berpikir pada suatu permasalahan yang kompleks yang
mengasah daya berpikir dan bernalar mereka, dapat meningkatkan minat belajar siswa, menciptakan pembelajaran
yang bermakna, dan membantu siswa dalam memecahkan suatu masalah serta menunjang karir dimasa yang akan
datang. PjBL berbasis STEM juga memberikan tantangan dan motivasi bagi para siswa, karena hal tersebut mampu
melatih siswa berpikir kreatif matematis.

Published
2020-01-10