Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Android

  • Feti R Kristanti
  • Isnarto Isnarto
  • Mulyono Mulyono
Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis, Flipped Classroom, Android

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam
pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Android. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 36 peserta didik kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Kendal.
Pengumpulan data melalui tes tertulis dan wawancara.. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil studi
pendahuluan pada 36 peserta didik, terdapat 8,3 % pesera didik dapat menyelesaika 6 indikator ,11,1 % peserta
didik dapat menyelesaikan 5 indikator , 16,6 % peserta didik dapat menyelesaikan 4 indikator , 55,5% peserta
didik dapat menyelesaikan 1 sampai 3 indikator , dan 8,3% peserta didik tidak dapat menyelesaikan 6 indikator
kemampuan pemahaman konsep matematis melalui pembelajaran Flipped Classroom .Dari hasil wawancara
ditemukan bahwa peserta didik yang kemampuan pemahaman matematisnya kurang baik menyatakan sulit
memahami materi, menganggap pembelajaran Flipped Classroom hanya menghabiskan biaya dan menyita
kesenangannya. Mereka juga mengatakan tidak suka matematika, enggan belajar mandiri karena kebiasaan
ketergantungan terhadap guru dan temannya. Mereka yang tertinggal ini cenderung bersikap pasif dan tidak
mengejar ketinggalannya.

Published
2020-01-10