Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Self Directed Learning Berbantuan Modul pada Wacana Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

  • Fitriyah Amaliyah
  • Y. L. Sukestiyarno
  • Mohammad Asikin
Keywords: Kemandirian belajar, Kemampuan pemecahan masalah, Model self directed learning, Modul

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam
pembelajaran matematika. Untuk mendukung kemampuan siswa dalam memecahkan masalah maka dilakukan
penguatan pada pembelajaran mandiri. Kemandirian belajar yang dimaksudkan adalah kemampuan pengaturan
diri siswa dalam proses belajarnya untuk mencapai tujuan. Guna menumbuhkan semangat belajar mandiri
maka siswa diberikan modul. Sedangkan, guna mencapai percepatan hasil diberikan pendampingan dengan
tahapan pembelajaran self directed learning. Oleh karena itu, uraian artikel ini bertujuan memperoleh data
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal berbentuk soal cerita dari tes
tertulis dan melalui wawancara secara mendalam terhadap memperoleh deskripsi pengaruh kemandirian
belajar siswa terhadap pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dijadikan sebagai
studi pendahuluan pada penerapan pendampingan pembelajaran self directed learning berbantuan modul untuk
studi lanjut berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa pada siswa kelas XI SMA N 1 Mayong masih rendah dan siswa yang memiliki kemandirian belajar
untuk mengatur strategi kognitif, motivasi dan perilaku dengan baik memiliki pencapaian indikator
kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik dibandingkan siswa yang tidak memiliki
kemampuan pengaturan strategi diri dari segi kognitif, motivasi dan perilakunya dengan baik.

Published
2020-01-10