Motivasi Berprestasi Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Video

Authors

  • Galih Priyambada Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Jl. Ir. H. Juanda No. 15, Kota Samarinda 75243, Indonesia

Keywords:

Motivasi berprestasi, siswa, pembelajaran pendidikan jasmani, metode pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran pendidikan
jasmani melalui metode pembelajaran berbasis video. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan
menggunakan kuesioner motivasi berprestasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 386 siswa, Sampel
dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sejumlah 88 siswa yang memiliki nilai
pendidikan jasmani paling rendah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi berprestasi siswa dalam
pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan metode pembelajaran berbasis video adalah: sangat tinggi
0,0%, tinggi 29,5, sedang 61,4%, rendah 8,0, dan sangat rendah 1,1. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu
motivasi berprestasi siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan metode pembelajaran
berbasis video termasuk dalam kategori sedang.

Downloads

Published

2020-01-11

Issue

Section

Articles