Model Layanan Akademik dan Administrasi dalam Peningkatan Kompetensi dan Akselerasi Studi Mahasiswa Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa (S3) Pascasarjana Universitas Negeri Semarang

  • Hari Bakti Mardikantoro Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Muhammad Badrus Siroj Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
Keywords: layanan akademik dan administrasi, peningkatan kompetensi, akselerasi, studi mahasiswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menemukan model yang tepat dalam peningkatan kualitas layanan akademik dan administrasi dalam peningkatan kompetensi dan akselerasi studi mahasiswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian ekplanasi dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa (S3) Pascasarjana Unnes. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa (S3) Program Pascasarjana Unnes tahun 2019. Adapun Metode penarikan sampel digunakan dengan cara sensus, yakni jumlah keseluruhan populasi dapat dijadikan sebagai jumlah sampel dalam penelitian ini, sehingga sampel dapat ditentukan. Metode pengumpulan data adalah field research dan library research. Hasil penelitian ini adalah kualitas layanan akademik mahasiswa pada Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa yaitu: 1) berdasarkan bukti fisik (Tangible) 78,10 % mahasiswa menyatakan puas terhadap layanan yang diberikan program studi; 2) berdasarkan keandalan (Reliability) mahasiswa yang menyatakan puas sebesar 75,00 % masuk kategori tinggi; 3) berdasarkan daya tanggap (Responsiveness), mahasiswa menyatakan puas dengan angka persentase 78,00 %; 4) berdasarkan empati (Emphaty), mahasiswa puas dengan angka persentase 85,00%; dan 5) berdasarkan jaminan (Assurance), dengan persentasi 79,44 % masuk kategori tinggi. Mahasiswa merasa puas atas layanan yang diberikan oleh staf akademik.

Published
2020-01-11