Implementasi MBS Melalui Pelatihan Strategi Pembelajaran dan Penggunaan AAS pada Guru SMK Kimia Industri Kota Semarang

  • Harjono Harjono Universitas Negeri Semarang
  • W T Eden Universitas Negeri Semarang
  • K I Supardi Universitas Negeri Semarang
Keywords: Implementasi MBS, Kompetensi Guru, SMK Kimia Industri

Abstract

Telah dilakukan studi kasus implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMK Kimia Industri Kota
Semarang. Secara khusus, implementasi MBS bertujuan untuk meningkatkan peran guru dalam mentransfer
knowledge dan skills analisis logam limbah kimia sehingga motivasi belajar dan kompetensi akhir siswa
tercapai; meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menggunakan instrumen AAS (Atomic Absorption Spectroscopy) untuk analisis logam limbah kimia; meningkatkan kemampuan guru dalam pembuatan video dan panduan praktikum. Program aksi yang dilakukan adalah workshop strategi pembelajaran inovatif berbasis IT (Information Technology); seminar dan pelatihan penggunaan instrumen AAS; dan pembuatan video preparasi dan analisis logam limbah kimia menggunakan AAS. Berdasarkan analisis pre dan post-test menunjukkan bahwa pengetahuan guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis IT atau online system meningkat sebesar 32%. Kompetensi profesional guru dalam mengoperasionalkan instrumen AAS serta perumusan solusi terkait permasalahan analisis meningkat sebesar 68%. Guru mampu melakukan pembuatan larutan induk, deret baku, perhitungan linearitas dan kadar logam dalam sampel limbah secaratepat. Guru mampu merevisi RPP pada bagian media pembelajaran dan membuat panduan praktikum analisis logam sampel limbah yang dilengkapi video penuntun guna mendukung konsep dry laboratory. Umpan balik program melalui pengisian angket dan wawancara guru menghasilkan respon yang positif dalam mengupdrage dan update teknologi analisis logam.

Published
2020-01-11