Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMK Kelas X dalam Menghadapi Permasalahan Kontekstual

  • Harsasi M Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Sukestiyarno Y L Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Junaedi I Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
Keywords: komunikasi matematis, masalah kontekstual, sstem persamaan linier

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X dalam menghadapi soal kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari 70 siswa kelas X SMK Negeri 1 Tengaran yang terdiri dari 36 siswa jurusan Jasa Boga dan 34 siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Data diperoleh dari hasil kerja siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada materi sistem persamaan linier. Hasil kerja siswa tersebut dinilai dengan indikator kemampuan komunikasi matematis menurut NCTM kemudian dikelompokkan dalam 6 kategori yang merujuk pada Qualitative Analytic Scoring Procedure Procedure. Jika ditemukan data yang unik, dilakukan wawancara tidak terstruktur untuk menggali lebih dalam mengapa data tersebut berbeda/ menyimpang dari hasil pada umumnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa menunjukkan secara keseluruhan hanya 62,3% yang memberi respon terhadap permasalahan yang disajikan dengan rincian berada dalam kategori benar dan lengkap (7,7%), hampir (18,9%), sebagian (15,7%), kabur (3,1%), procedural (3,7%), dan tidak cukup informasi (13,1%).