Evaluasi Program Pelatihan Permainan Bola Voli Siswa Putra Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Talang Padang, Kabupaten Empat Lawang.

Authors

  • I Bagus Endrawan Universitas Bina Darma, Jl. Jendral A. Yani No. 3 Palembang 30264, Indonesia
  • Martinus Martinus Universitas Bina Darma, Jl. Jendral A. Yani No. 3 Palembang 30264, Indonesia
  • Dedi Apriyansyah Universitas Bina Darma, Jl. Jendral A. Yani No. 3 Palembang 30264, Indonesia
  • Dedi Apriyansyah Universitas Bina Darma, Jl. Jendral A. Yani No. 3 Palembang 30264, Indonesia

Keywords:

pembinaan, kontek, input,proses, produk, bola voli

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melakukan sebuah penelitian mengenai program pelatihan dengan
menggunakan metode evaluasi Context, Input, Proses, Produk (CIPP) dengan pendekatan kualitatif. Pemgumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan yang meliputi pembina, pelatih, dan pemain. Berdasarkan hasil pengumpulan data bahwa proses pelaksanaan program latihan sudah berjalan dengan baik, terorganisir, objektif, dan profesional. Hasil penelitian menunjukan bahwa kontek meliputi latar belakang, tujuan program latihan berjalan dengan baik, input meliputi penerimaan pemain dan pelatih, sarana dan prasarana, dan sumber dana terlaksana dengan baik, proses meliputi aspek pelaksanaan program latihan, kesejahteraan, dan transportasi sudah berjalan sesuai dengan prosedur yang baik, produk meliputi aspekkemampuan bermain, dan prestasi tim yang sudah sesuai dari prosedur yang diharapkan dan terlaksana dengan baik. Hasil data yang diperoleh berdasarkan data dan temuan dan fakta secara nyata dilapangan.

Downloads

Published

2020-01-11

Issue

Section

Articles