Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21

Authors

  • Ike Kurniawati Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Tri Joko Raharjo Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Khumaedi Khumaedi Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

Keywords:

Kemampuan pemecahan masalah, problem based learning(PBL), keterampilan abad 21).

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi dalam perkembangan abad 21. Pembelajaran matematika dapat membekali dan melatih siswa dalam pemecahan masalah yang dibutuhkan dalam mempersiapkan generasi unggul dimasa mendatang. Melatih siswa dengan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika bukan hanya sekedar mengharapkan siswa dapat menyelesaikan soal atau masalah yang diberikan, namun diharapkan kebiasaaan dalam melakukan proses pemecahan masalah membuatnya mampu menjalani hidup yang banyak mengalami permasalahan kompleks. Pembelajaran matematika pada kurikulum 2013, mengisyaratkan sebuah perubahan mendasar pada proses belajar yang semula bersifat teacher center beralih menjadi student center. Model pembelajaran yang bersifat student center dan berbasis masalah dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah model pembelajaran problem based learning (PBL). PBL mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam menyelesikan masalah matematika berkaitan dengan kehidupan nyata yang menantang, rumit, tidak dapat diselesaikan hanya dengan satu langkah dan bersifat open ended. Tujuan penelitian ini untuk menguraikan pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dalam mempersiapkan generasi unggul yang siap bersaing dan mampu memecahkan masalah dalam menghadapi tantangan abad 21. Penggabungan masalah ke kehidupan nyata dalam proses pembelajaran diharapkan mampu membekali siswa menyelesaikan masalah terutama masalah matematika yang ada di kehidupan sehari-hari dengan mudah.

Downloads

Published

2020-01-11

Issue

Section

Articles