Keseuaian Alat Evaluasi dengan Aspek Kognitif pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Terbitan Yrama Widya (Analasis Isi)

  • Indah Rahmayanti Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Jakarta 13830, Indonesia
  • Andi Wibowo MTS PKP Jakarta Islamic School, Jakarta 13730, Indonesia
Keywords: Buku Teks, Alat Evaluasi, Taksonomi Bloom, Aspek Kognitif

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui kognitif dan keragaman alat evaluasi Buku Teks Bahasa Indonesia kelas XI SMA
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Terbitan Yrama Widya yang disesuaikan dengan aspek kognitif Taksonomi
Bloom dari C1 (Mengingat), C2 (Memahami), C3 (Mengaplikasikan), C4 (Menganalisis) , C5 (Mengevaluasi), C6
(Mencipta). Metode analisis digunakan melalui deskriptif kualitaif. Hasil analisis mengungkapkan, bahwa analisis
soal alat evaluasi buku teks Bahasa Indonesia kelas XI SMA Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Terbitan Yrama
Widya, maka dapat peneliti uraikan di dalam penelitian ini yaitu soal alat evaluasi yang terdapat pada buku teks
Bahasa Indonesia kelas XI SMA Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Terbitan Yrama Widya terdapat 200 soal di
dalamnya,peneliti menemukan hasil soal alat evaluasi pada kategori C1 (Mengingat) sebanyak 64 soal dengan
persentase 32%, soal alat evaluasi pada kategori C2 (Memahami) sebanyak 89 soal dengan persentase 44,5%, soal
alat evaluasi pada kategori C3 (Mengaplikasikan) sebanyak 1 soal dengan persentase 0,5%, soal alat evaluasi pada
kategori C4 (Menganalisis) sebanyak 39% dengan persentase 19,5%, soal alat evaluasi pada kategori C5
(Mengevaluasi) sebanyak 3 soal dengan persentase 1,5%, dan soal alat evaluasi pada kategori C6 (Mencipta)
sebanyak 4 soal dengan persentase 2%

Published
2020-01-11