Pemanfaatan Youtube untuk Pembelajaran Fisika dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Laboratorium Siswa

  • Thomas Tris Triantoa Program Studi Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang,
  • Hartono Hartono Program Studi Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang,
  • Isa Akhlis Program Studi Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
Keywords: Guided inquiry, keterampilan laboratorium, pemahaman konsep, Youtube Channel

Abstract

Pembelajaran Fisika sangat identik dengan penyelidikan fenomena alam. Mempelajari fisika sebaiknya
tidak hanya melalui teori saja, namun juga melalui praktik di laboratorium (praktikum). Penelitian ini
memanfaakan media sosial Youtube untuk share media video pembelajaran (materi dan kegiatan
praktikum) berbasis guided inquiry. Tujuan penelitian adalah pembuatan media Youtube Channel
“Laboratorium Fisika” berbasis guieded inquiry untuk meningkatkan pemahaman konsep dan
keterampilan laboratorium siswa. Hal ini didasarkan pada kurangnya keterampilan laboratorium siswa,
sehingga dalam pembelajaran mereka tidak dapat mencapai tujuan belajar dengan maksimal. Metode
penelitian mengggunakan Research and Development untuk pembuatan media Youtube Channel
“Laboratorium Fisika” dan Quasi Experimental Design dengan metode PreTest and PostTest Group
Design untuk mengetahui peningkatan pemahaman konse siswa dan keterampilan laboratorium siswa.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dan didapat satu kelas yaitu kelas XI
IPA 1 SMA N 2 Semarang. Selanjutnya dilakukan pengambilan data menggunakan angket dan soal yang
telah divalidasi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji N-Gain dan uji t berpasangan.
Hasil penelitian menunjukkan telah berhasil dibuat Youtube Channel “Laboratorium Fisika” berbasis
guided inquiry dengan kriteria “Sangat Layak” dengan penilaian 91%, serta sudah memenuhi kriteria
video pembelajaran berbasis guided inquiry. Pembelajaran dengan media tersebut juga dapat
meningkatkan pemahaman konsep dengan Nilai N-Gain 0,4 dengan kriteria “Sedang” dan keterampilan
laboratorium dengan Nilai N-Gain 0,7 dengan kriteria “Sedang”.

Published
2020-01-11