Desain Bahan Ajar Berbasis Koneksi Matematis

Authors

  • Isep Badrussalam Wanasima Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Semarang 50237, Indonesia
  • Liana Dwi Utami Pascasarjana Universitas Negeri Semarang,Jl. Kelud Utara III , Semarang, Indonesia

Keywords:

Desain Didaktis, Kemampuan Koneksi Matematis, Learning Obstacle.

Abstract

Matematika memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, karena matematika memiliki keterkaitan
dengan disiplin ilmu lainnya. Kemampuan mengaitkan konsep-konsep matematika baik dengan antar konsep matematika, maupun dengan bidang lainnya disebut kemampuan koneksi matematis. Kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan yang penting dan esensial yang harus dikuasai oleh siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa diantaranya adalah dengan ditemukannya learning obstacle yang bersifat epistimologis. Hal inilah yang dijadikan pertimbangan oleh guru dalam pengembangan desain didaktis. Desain didaktis memiliki peranan penting dalam pembelajaran, sehingga harus disusun sebaik mungkin agar mampu meminimalisir learning obstacle. Selain itu, peranan guru dalam pembelajaran pun sangat penting. Guru harus mampu memberikan intervensi dalam pembelajaran, baik intervensi didaktis dengan menyajikan situasi didaktis yang berkaitan dengan materi, maupun intervensi pedagogis. Sehingga siswa dapat mengoptimalkan kemampuan koneksi matematisnya.

Downloads

Published

2020-01-11

Issue

Section

Articles