Optimalisasi Peran Akademika Prodi S-2 Pendidikan Dasar dalam Menyiapkan Big Data Akreditasi Unggul

  • S Sarwi Universitas Negeri Semarang
  • A Anggraini Universitas Negeri Semarang
  • W A Azizah Universitas Negeri Semarang
Keywords: optimalisasi, akademika, big data, akreditasi unggul

Abstract

Salah satu wujud upaya adalah melakukan evaluasi diri bertujuan menentukan kekurangan dan keunggulan prodi S2 Pendidikan Dasar. Melalui penelitian ini ditujukan untuk menghimpun big data dalam upaya menyiapkan akreditasi pada periode tahun 2021. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan dan memaknai data dan informasi serta merancang program unggulan dalam upaya untuk memajukan atmosfer akademika prodi S2 Pendidikan Dasar Pascasarjana UNNES. Subjek penelitian adalah civitas akademika yang terkait dengan pengelolaan Program Studi S2 Pendidikan Dasar, mulai dari mahasiswa, sumber daya manusia (tenaga kependidikan dan dosen) yang ditentukan secara purposive sampling. Alat pengumpul data adalah kuesioner tertutup dan terbuka, lembaga observasi dan studi dokumen, serta panduan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan analisis kualitatif. Hasil penelitian meliputi pendataan prestasi dosen, mahasiswa, serta peran tenaga kependidikan prodi S2 Pendidikan Dasar untuk menyiapkan big data akreditasi unggul pada masa yang akan datang. Sebagian besar mahasiswa S-2 Pendidikan Dasar Unnes memperoleh predikat dengan pujian, namun sebagian besar masih menempuh durasi belajar di atas 2 tahun. Untuk itulah perlu kerjasama semua pihak agar durasi belajar maksimal 2 tahun.

Published
2020-01-11