Higher Order Thinking Skills (HOTS): Kemampuan Memecahkan Masalah, Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pendidikan Seni untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 pada Era Society 5.0

Authors

  • Samsul Alam Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

higher order thinking skills, pendidikan seni, revolusi industri 4.0, society 5.0.

Abstract

Society 5.0 muncul sebagai antisipasi terhadap tren global yang diakibatkan oleh munculnya Revolusi Industri 4.0 yang telah melahirkan berbagai macam inovasi dalam dunia industri dan masyarakat. Society 5.0 merupakan era di mana masyarakat menjadi penyeimbang antara ruang maya dan ruang nyata.Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan kemampuan memecahkan masalah, berpikir kritis dan kreatif dalam pendidikan seni untuk menghadapi revolusi industri 4.0 pada era society 5.0. Metode yang digunakan adalah kajian kepustakaan yaitu menggunakan berbagai sumber rujukan baik yag berasal dari hasil penelitian maupun hasil pemikiran penulis lainnya. Pendidikan seni harus mempersiapkan pembelajarn agar peserta didik siap dan mampu beradaptasi dengan masa depan. Peserta didik harus diajarkan cara berpikir analitis, kritis dan kreatif yang disebut Higher Order Thinking Skills. Aneka model pembelajaran yang digunakan dalam mengembangkan nalar kritis yaitu discovery learning, project based learning, problem based learning dan inquiry learning. Penggunaan HOTS agar merasakan langsung dunia nyata supaya mengenal berbagai permasalahan yang kompleks seperti lingkungan hidup, kesehatan, serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan.

Downloads

Published

2020-01-11

Issue

Section

Articles