Digital Pedagogy sebagai Pendekatan Pembelajaran di Era Industri 4.0

  • Septi Purfitasari Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Masrukhi Masrukhi Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Titi Prihatin Universitas Negeri Semarang
  • Sungkowo Edy Mulyono Universitas Negeri Semarang
Keywords: digital pedagogy, pembelajaran era industri 4.0, transfer of values, kecerdasan sosial

Abstract

Revolusi industri 4.0 ditandai dengan maraknya pemanfaatan teknologi di berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Data Pustekkom Kemendikbud menunjukkan kesenjangan antara guru dan siswa dalam penggunaan teknologi dan hanya 40% guru non TIK yang siap dengan teknologi. Di sisi lain, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran lebih dimaknai secara dangkal sebatas penggunaan alat atau media, misalnya power point, internet, dan ebook. Penggunaan teknologi lebih dimanfaatkan untuk transfer of knowledge bukan transfer of values. Makalah ini bertujuan untuk mengkaji secara konseptual mengenai digital pedagogy sebagai alternatif solusi dalam pembelajaran era digital. Hasil kajian menunjukkan bahwa digital pedagogy merupakan pendekatan yang tidak sekedar berbasis pada keterampilan guru menggunakan teknologi namun bagaimana guru sebagai fasilitator memanfaatkan teknologi untuk membangun kemampuan berpikir sekaligus mengembangkan aspek afektif siswa. Pembelajaran terpusat pada siswa dan pemanfaatan teknologi digunakan untuk menumbuhkan suasana belajar yang dinamis, bersifat inquiri dan siswa mengamati kemudian mengkonstruksi realitas yang ada. Hal ini akan membangun sikap kritis, rasa ingin tahu, empati, dan mengupayakan solusi atas realitas sehingga bukan sekedar membangun pengetahuan namun juga kecerdasan sosial. Dapat disimpulkan bahwa digital pedagogy dapat menjadi alternatif solusi pada pembelajaran era digital yang bertujuan menghasilkan generasi muda yang kritis, adaptif, dan memiliki kecerdasan sosial dalam menghadapi tuntutan era industri 4.0.

Published
2020-01-11