Peningkatan Kemampuan Kreativitas Merangkai Gerakan Senam Ritmik dengan Alat Simpai melalui Media Audio Visual pada Siswa SMP Khadijah Makassar

  • Suastika Nurafiati STKIP YPUP Makassar
  • M Fransazeli Makorohim Universitas Islam Riau
  • Agung Dwi Darmawan Universitas Islam Riau
Keywords: kemampuan kreativitas, senam ritmik, media audio visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas merangkai gerakan senam ritmik dengan alat simpai melalaui media pembelajaran audio visual. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research dengan prosedur penelitian dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP KhadijahMakassar yang berjumlah 28 siswa. Instrument pengumpulan data berupa observasi atau pengamatan langsung menggunakan tes kreativitas dalam merangkaigerakan senam ritmik dengan alat simpai. Analisis data dengan pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan untuk menganalisa data kreativitas siswa dalam pembelajaran senam ritmik.Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan hasil penelitian yangmenunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media audio visual mulai dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kreativitas merangkai gerak senam ritmikpada siklus Iadalah kategori kreativitas rendah 57.14% dan kategori kreativitas rerata 42,85 % dari jumlah 28 jumlah siswa. Sehingga dilanjut kesiklus berikutnya yakni siklus II. Sebagai mana yang diharapkan dengan mencapai target standar kelulusan kategori baiksimpai hingga mencapai 85% atau bahkan 100% siswa yang memenuhi syarat kelulusan atau ketuntasan. Pada siklus II meningkat dengan skala kreativitas tinggi 64,28% dan skala rerata terdapat 35,71 % dari 28 jumlah siswa.

Published
2020-01-11