Hubungan antara Persepsi tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Etos Kerja pada Guru Madrasah Aliyah

  • Suratno Suratno Universitas Sains dan Ilmu Al Qur,an
  • Ida Zulaeha Universitas Negeri Semarang
Keywords: kepemimpinan kepala madrasah, etos kerja guru, madrasah aliyah, kota semarang

Abstract

Etos kerja merupakan kondisi yang tidak tetap yang dapat diperkuat atau diperlemah oleh pasang surutnya cara pandang dan pengaruh nilai-nilai yang dianut seseorang. Etos kerja guru Madrasah Aliyah berhubungan dengan persepsinya terhadap kepemimpinan kepala madrasah. Dalam hal ini, kepala madrasah memiliki peranan strategis dalam mencapai tujuan institusional. Tinggi rendah etos kerja dipengaruhi oleh berbagai variabel internal dan eksternal. Kualitas pembelajaran juga dapat didekati dari kondisi etos kerja dengan variabel-variabel yang mempengaruhinya. Artikel ini mengungkap hasil analisis hubungan antara persepsi guru tentang kepemimpinan kepala madrasah (x) dengan etos kerja guru Madrasah Aliyah di Kota Semarang (y). Populasi penelitian adalah tiga ratus tiga orang guru Madarsah Aliyah Kota Semarang yang berada di 12 madrasah. Sampel penelitian ini adalah sembilan puluh delapan orang guru dari 5 madrasah dengan menggunakan Tabel Flanagan. Persepsi guru Madrasah Aliyah Kota Semarang terhadap kepemimpinan kepala madrasah menunjukkan kategori tinggi (68,37%), sedangkan etos kerja guru kategori cukup/sedang (53,06%). Persepsi terhadap kepemimpinan kepala madrasah dengan etos kerja guru menunjukkan hubungan yang positif signifikan dengan korelasi sebesar r = 0,497.

Published
2020-01-11