Implikasi Profesionalisme Guru untuk Pembelajaran Berorientasi Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.

  • Tri Ani Hastuti Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: era revolusi industry 4.0, tantangan guru, keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS)

Abstract

Era revolusi industri 4.0 memicu permintaan profesional sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi yang tidak sama dengan kompetensi yang dipersyaratkan pada mulanya. Pada profesi guru juga berdampak adanya perubahan konsep pekerjaan, struktur pekerjaan dan kompetensi yang diperlukan dalam pembelajaran. Guru profesional harus memiliki kompetensi dalam mengembangkan pembelajaran yang efektif sesuai dengan kebutuhan pada jamannya sehingga menghasilkan peserta didik yang cerdas dan berkualitas. Untuk itu sebagai guru dituntut mampu mempersiapkan peserta didik berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah sehari–hari melalui pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS).

Published
2020-01-11