Konsep Kecerdasan Interpersonal Berbasis Bahan Ajar pada Kurikulum 2013 untuk Siswa Sekolah Dasar

  • Ujang Khiyarusoleh Universitas Peradaban
Keywords: multiple intelligences, kecerdasan interpersonal, buku ajar, kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi konsep kecerdasan interpersonal dalam buku ajar kelas IV tema 1 Indahnya Kebersamaan pada kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau studi pustaka (library research). Objek penelitian ini adalah buku ajar kelas IV tema 1 Indahnya Kebersamaan cetakan pertama tahun 2013 setebal 106 halaman yang disusun dan diterbitkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan. Variabel dalam penelitian ini adalah konsep kecerdasan Interpersonal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis isi atau dokumen (content or document analysis) dan teknik analisis deskriptif menggunakan teknik presentase untuk mengetahui jumlah dan presentase muatan konsep kecerdasan Interpersonal, baik secara keseluruhan maupun masing-masing kecerdasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat konsep kecerdasan interpersonal menurut Howard Gardner dalam buku ajar kelas IV tema 1 Indahnya Kebersamaan. Temuan data yang diperoleh adalah sebagai berikut. Terdapat konsep interpersonal yang terdiri 4 indikator kecerdasan interpersonal dengan masing-masing indicator sebagai berikut: pertama Terdapat kalimat yang menunjukkan aktivitas bersosialisasi dan bekerjasama dengan teman, orang lain maupun kelompok sebanyak 88 %, kedua Terdapat kalimat yang menunjukan rasa peka terhadap orang lain sebanyak 4 %, ketiga Terdapat kalimat yang berisi motivasi dan saran kepada teman atau orang lain sebanyak 0 %, keempat Terdapat kalimat atau materi yang menunjukkan manfaat bekerjasama sebanyak 0 %, Ke lima Terdapat cara-cara menjaga hubungan sosial yang baik sebanyak 8%.

Published
2020-01-11