Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Strategi Scaffolding

Authors

  • Umi Muti’ah Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • St. Budi Waluya Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Mulyono Mulyono Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

kemampuan berpikir kreatif matematis, Creative Problem Solving (CPS), Strategi Scaffolding

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif menjadi tuntutan Pendidikan Matematika untuk memunculkan penyelesaian baru. Kemampuan berpikir kreatif matematis adalah kemampuan menemukan solusi bervariasi yang bersifat baru terhadap masalah matematika yang bersifat terbuka secara mudah dan fleksibel, namun dapat diterima kebenarannya. Hal ini selaras dengan karakteristik pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan strategi Scaffolding yang merupakan model pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Model CPS adalah model pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah, yang diikuti dengan penguatan kreativitas. Scaffolding merupakan bantuan yang diberikan kepada peserta didik untuk belajar dan memecahkan masalah. Bantuan tersebut dapat berupa petunjuk, dorongan, peringatan, menguraikan masalah ke dalam langkah-langkah pemecahan, memberikan contoh, dan tindakan-tindakan lain yang memungkinkan peserta didik itu belajar mandiri. Sehingga pada artikel ini akan dipaparkan bagaimana membangun kemampuan berpikir kreatif matematis dengan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Strategi Scaffolding.

Downloads

Published

2020-01-11

Issue

Section

Articles