Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Persepektif Gender

Authors

  • Wahyu Ridlo Purwanto Universitas Negeri Semarang
  • Y L Sukestiyarno Universitas Negeri Semarang
  • Iwan Junaedi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

proses berpikir, pemecahan masalah, perspektif gender, Abstrak

Abstract

Berpikir merupakan proses dinamis yang terjadi dalam setiap aktivitas mental seseorang yang berfungsi untuk memformulasikan atau memecahkan masalah, membuat keputusan, serta mencari pemahaman terhadap sesuatu. Proses berfikir sangat dibutuhkan dalam memecahkan masalah, karena dalam proses pembelajaran maupun penyelesaian materi persamaan linier dua variabel siswa dimungkinkan memperoleh pengalaman yang berbeda-beda. Pola pikir yang menandai dalam memecahkan masalah adalah pola pikir yang melibatkan pemikiran kritis, sistematis, logis dan kreatif. Masing-masing siswa mempunyai pola pikir yang berbeda dalam menyusun dan mengolah informasi pada materi persamaan linier dua variabel bisa dikarenakan perbedaan gender pada siswa. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis beberapa hasil penelitian tentang proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari perspektif gender. Metodologi yang digunakan adalah studi kepustakaan. Penelitian ini menemukan bukti perbedaan strategi yang digunakan anak laki-laki dan anak perempuan, bahkan untuk menyelesaikan soal masalah.

Downloads

Published

2020-01-11

Issue

Section

Articles