Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Berpendekatan Stem-R Berbantuan Sholawat Sains
Keywords:
persepsi, stem-r, guru, siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru dan siswa terhadap pembelajaran IPA dengan pendekatan STEM-R (Science, Technology, Engineering, Mathematics dan Religion) berbantuan sholawat sains pada materi pencemaran lingkungan SMP kelas sepuluh. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed method diawali penelitian kualitatif untuk mendapatkan data persepsi guru dilanjutkan dengan penelitian kuantitatif berupa hasil angket persepsi siswa terhadap pembelajaran IPA dengan pendekatan STEM-R berbantuan sholawat sains. Instrumen penelitian yang digunakan berupa wawancara untuk mengetahui persepsi guru dan menggunakan angket untuk mengetahui persepsi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru memberikan respon positif terhadap pembelajaran STEM-R berbantuan sholawat sains dan persepsi siswa berada pada kategori cukup pada siswa SMP tidak berbasis agama dan kategori baik pada siswa SMP berbasis agama (Madrasah).