Aktivitas dan Model Pembelajaran Seni Rupa Sanggar Lukis Boodee Tengaran Kabupaten Semarang

  • Jimin Budiyono Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: performen, teknik, seni rupa, karya

Abstract

Penelitian yang bejudul “ Aktivitas dan Model Pembelajaran Seni Rupa Sanggar Lukis Boodee Tengaran Kabupaten Semarang” memfokuskan pada permasalahan teknik bimbingan menggambar, melukis, kaligrafi dan batik lukis. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan dan mengalisis model pembelajaran menggambar, melukis, kaligrafi dan batik lukis. Langkah-langkah yang dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan sosiologi. Lokasi penelitian Sanggar Lukis Boodee Tengaran dan sebagian SD atau MI di wilayah Salatiga serta Kabupaten Semarang dan sekitarnya. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan interaksi dan interpretasi analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang diberikan terhadap para murid merupakan inovasi teknik yang mengutamakan performen, sehingga banyak murid yang tertarik untuk membuat karya.

Published
2020-01-12