Analisis Kemampuan koneksi matematis ditinjau dari SelfEfficacy Siswa Kelas VII Pokok Bahasan Geometri

  • Krisno Budi Prasetyo Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Y L Sukestiyarno Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • A Nur Cahyono Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Kemampuan koneksi matematis, self-Efficacy, Geometri

Abstract

Penguasaan materi matematika hingga saat ini masih menjadi permasalahan siswa sulit memahami pembelajaran. Hal ini membuat kepercayaan diri untuk mengekplorasikan kemampuannya menjadi terhambat sehingga siswa tidak mampu mengikuti pelajaran dengan baik. Pembelajaran matematika pada kurikulum 2013 diharapkan mampu membuat siswa memahami konsep, mengaitkan antarkonsep, mengaplikasikan konsep,akurat, efesien dan tepat dalam pemecahan masalah. Dalam tujuan tersebut mengaitkan antarkonsep merupakan kemampuan koneksi matematis. Tujuan koneksi matematis menurut NCTM ialah memperluas wawasan pengetahuan siswa, memandang matematika sebagai keseluruhan yang satu padu bukan sebagai materi yang berdiri sendiri dan mengenal relevansi dan manfaat matematika baik disekolah maupun diluar sekolah. Upaya meningkatkan koneksi matematis diperlukan kemampuan diri untuk mewujudkannya, hal tersebut sesuai dengan kemampuan self-efficacy. Self-efficacy ialah penilaian seseorang bahwa ia mampu melakukan tindakan mengenai persoalan yang dihadapinya. Terdapat tiga dimensi self-efficacy yaitu magnitude, strength dan generality.Geometri merupakan cabang ilmu pengetahuan yang berkenan dengan pengukuran. Dalam materi geometri ini akan dianalisis kemampuan koneksi siswa ditinjau dengan kemampuan self-efficacy.

Published
2020-01-12