Profesionalisme Guru Pendidikan Jasmani SD Di Kota Semarang dalam Era Revolusi Industri 4.0

  • Liska Sukiyandari Universitas Wahid Hasyim
Keywords: profesionalisme, guru, pendidikan jasmani, revolusi industri 4.0

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan professionalisme Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar di kota Semarang dalam era Revolusi Industri 4.0. penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini Dilakukan melalui tahapan: studi pendahuluan penentuan latar penelitian yang terdiri dari tempat dan waktu penelitian. Pengambilan data melalui tahapan pra lapangan, tahap lapangan. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu membaca, menyimak, menelaah, menafsirkan, mengklarifikasikan serta data-data yang diperoleh untuk menentukan kesimpulan analisis akhir dimana peneliti membandingkan data yang diperoleh dengan teori yang relevan selanjutnya berdasarkan analisis dapat ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan data yang ada guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan sudah cukup baik dalam kajian profesionalisme. Ada beberapa guru yang belum maksimal tapi dengan adanya pelatihan dapat ditingkatkan profesionalisme guru tersebut. Simpulan dari penelitian ini adalah profesionalisme guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan harus ditingkatkan melalui (1) Mengadakan pengawasan dan kedisiplinan (2) Penyediaan sarana yang memadai (3) Mengadakan rapat (4) Penataran (5) Seminar (6) Workshop(7) Mengadakan kunjungan guru-guru antar sekolah (8) Mengadakan riset atau percobaan. Diharapkan dengan penelitian ini Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan siap menghadapi tantangan pada Revolusi Industri 4.0.

Published
2020-01-12