Problematika Pengajaran Bahasa Jepang Kemampuan Berbicara menuju Revolusi Industri 4.0

  • Lispridona Diner Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: pengajaran, bahasa Jepang, kemampuan berbicara

Abstract

Bahasa Jepang pada era sekarang semakin diminati oleh pengguna industri. Bahasa Jepang di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes fokus pada bidang pendidikan. Namun menuju revolusi Industri 4.0 membutuhkan bahasa Jepang yang memiliki kemampuan berbicara. Saat ini bahasa Jepang di prodi Pendidikan bahasa Jepang pada mata kuliah kemampuan berbicara belum memiliki buku teks. Selama ini materi kemampuan berbicara mengacu pada materi pola kalimat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah apa saja yang terjadi pada berbicara bahasa Jepang. Apa yang akan perlukan oleh pembelajar dan pengajar bahasa Jepang pada mata kuliah kemampuan berbicara. Metode penelitian yang digunakan adalah angket dan wawancara. Hasil yang diperoleh adalah 80% pembelajar bahasa Jepang memerlukan materi menuju revolusi industri, 86% memerlukan buku sebagai panduan dalam belajar bahasa Jepang kemampuan berbicara, 90% pembelajar bahasa Jepang memerlukan bahan ajar dalam belajar bahasa Jepang kemampuan berbicara. Disisi lain, pengajar bahasa Jepang mata kuliah kemampuan berbicara mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi karena belum ada model pengajaran yang pakem. Dan mengalami kesulitan dalam menyiapkan bahan ajar mata kuliah kemampuan berbicara

Published
2020-01-12