Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Modul Komik Etnomatematika

  • Lukmanul Hakima Universitas Negeri Semarang
  • Sukestiyarno Sukestiyarno Universitas Negeri Semarang
  • Nur Karomah Dwidayantia Universitas Negeri Semarang
Keywords: KPM, PBL, Modul Komik, Etnomatematika

Abstract

Kemampuan Penalaran Matematis (KPM) merupakan berpikir melalui masalah matematika secara logis untuk mencapai suatu penyelesaian. Hal ini memengaruhi kemampuan untuk memilih apa yang penting dalam penyelesaian masalah dan menjelaskan atau menentukan penyelesaian masalah. Meskipun KPM sangat penting dimiliki oleh siswa, namun siswa belum mengerti sepenihnya jika permasalahan yang diberikan membutuhkan penalaran sehingga siswa merasa kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Salah satu altrnatif model pembelajaran dipandang sebagai suatu pembelajaran yang dapat mengembangkan sikap dan keterampilan siswa dalam menghadapi permasalahan yang diberikan, terutama yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari di lingkungan adalah Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Salah satu media yang dapat dikaitkan dengan masalah matematika secara logis yaitu modul komik etnomatematika. Selain dapat menyajikan masalah matematika secara logis, modul komik etnomatematika juga dipandang mampu meningkatkan cinta budaya, kerana pada hakekatnya matematika merupakan teknologi simbolis yang tumbuh pada keterampilan atau aktifitas lingkungan yang bersifat budaya, sehinga matematika seseorang dipengaruhi oleh latar budayanya. Budaya akan memengaruhi perilaku individu dan mempunyai peran yang besar pada perkembangan penalaran individual termasuk dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran PBL berbantuan modul komik etnomatematika terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana lebih menekankan pada aspek pengukuran secara objektif.

Published
2020-01-12