Upaya Peningkatan Pembelajaran Lari Sprint 100 Meter Menggunakan Metode Bagian Pada Siswa SMA Negeri 6 Pekanbaru

  • M. Fransazeli Makorohim Universitas Islam Riau
  • Trias Agung Hutama Putra Universitas Islam Riau
  • Novri Gazali Universitas Islam Riau
  • Suastika Nurafiati STKIP YPUP Makassar
Keywords: Metode Bagian; Lari Sprint 100 Meter

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu, tidak tercapainya kriteria ketuntasan minimal (KKM) siswa pada materi lari jarak pendek. Hal ini dikarenakan metode yang diterapkan belum efektif sehingga pembelajaran tidak mencapai hasi yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran lari sprint 100 meter menggunakan metode.. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Pekanbaru dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Pekanbaru yang berjumlah 31 orang. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, teknik kepustakaan dan tes unjuk kerja . Data dianalisis dengan menggunakan statistic sederhana.. Dari pelaksanaan sebelum siklus terdapat 16 siswa yang mencapai nilai KKM (51,61%) dan 15 siswa yang belum mencapai nilai KKM (48,39%). Dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus I dan hasilnya meningkat dengan jumlah 20 siswa yang mencapai KKM (64,52%) dan 11 siswa yang belum mencapai KKM (35,48%). Maka dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus II dan hasilnya meningkat dengan jumlah 25 siswa yang mencapai KKM (80,65%) dan 6 siswa yang belum mencapai KKM (19,35%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pembelajaran lari sprint 100 meter menggunakan metode bagian pada siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Pekanbaru.

Published
2020-01-12